Jeruk Mini Anti Kupas

Photo : buah jeruk mini siap kunyah / dokpri.

CIMAHI, akwnulis.com. Pertemuan dengannya kalau nggak salah akhir tahun 2019 lalu. Dikala sedang mencari pohon jeruk manis untuk koleksi di rumah, berjumpalah dengan sebuah pohon jeruk yang berbuah ranum dengan buahnya mini berbentuk bulatan kecil melonjong dengan sebagian berwarna kuning.

Penasaran donk, apalagi ibu penjualnya memberi penawaran untuk memetiknya dan langsung mengunyah. Nggak pake lama langsung buka mulut… dan upps tanpa dicuci… am.. nyam nyam… kunyaah…. rasa asam segar menyergap mulut tapi dilanjut dengan sebuah rasa manis alami dikala kulitnya dikunyah… enakk.

Langsung diangkut deh, eh dibayar dulu ketang, dan… masuk mobil.. angkuut.

Itulah cerita awal denganmu, sang jeruk mini yang bisa dinikmati tanpa repot membuka kulitnya. Tinggal petik, cuci, kunyah… insyaalloh vitamin C alami didapat dan kesegaran tersendiri hadir tanpa sekat. Meskipun tidak bisa semua orang menikmatinya karena sensasi asam pas gigitan pertama, langsung disemburkan dan menyerah.

Photo : Pohon jeruk berbuah mini / dokpri.

Padahal kembali harus ingat prinsip kehidupan, bahwa dibalik asam garam kesulitan jikalau dikunyah.. eh dijalani dengan sabar maka akan bersua dengan kemanisan… maksudnya manisnya kehidupan, begitupun dengan jeruk mini ini.

Jika rasa asam hadir diawal, lanjut saja kunyah termasuk kulitnya, maka tak berapa lama rasa manis akan hadir memberi ruang dalam mulut kita. Keasaman berkurang tergantikan rasa manis alami yang menyenangkan.

Nah karena dirumah pada nggak tahan dengan keasaman awal, maka jeruk mini ini khusus konsumsi diriku hehehehe…. jadi punya buah spesial siap petik, tepat di belakang rumah.

Minggu berlalu bulan beringsut, ternyata hadirnya pohon buah jeruk mungil ini sangat mendukungku di masa wabah covid19, dikala vitamin C yang selalu ada di warung, supermarket dan apotek hilang karena tinggi peminat. Maka tinggal melangkah ke belakang rumah, memetik beberapa buah, cuci sebentar lalu satu-satu dikunyah, vitamin c alami didapat dengan mudah, Alhamdulillah.

Selamat mengunyah dan menikmati manisnya jeruk kecil tanpa perlu dikupas, tapi harus waspada dengan keasaman di awal gigitan.

Oh iya, setelah gugling, namanya adalah jeruk kumquat dan terdapat beraneka jenisnya. Entah apa yang kupunya, yang pasti vitamin C alami sudah tersedia…. sampai hari ini, karena ternyata petikan terakhir buah yang matang adalah tadi sore. Sisanya masih bunga dan pentil, semoga bertumbuh menjadi buah jeruk mini yang penuh rasa alami, semoga. Wassalam (AKW).

Author: andriekw

Write a simple story with simple language, mix between Indonesian and Sundanese language.

9 thoughts on “Jeruk Mini Anti Kupas”

  1. Now…you start being wise… talking about the ” sweet ‘n sour ” of life… well… try to enjoy it brother… it will reveal ” the real sweet “.. No sweat… he he

    Liked by 1 person

Leave a comment