Menghijau di California

Nama itu bermakna, sesuatu itu bermaksud tertentu, lalu?

BANDUNG, akwnulis.com. Sebuah nama tempat tentu memiliki arti dan tujuan tersendiri, begitupun penamaan manusia yang sering diistilahkan dalam bahasa sunda, sebuah nama adalah hasil dari proses penggodokan dan diskusi yang alot disebut dengan istilah ‘ngabubur bodas ngabubur beureum‘ …. atau pengertian bebasnya adalah sudah dipikirkan matang-matang dan penuh perhitungan serta pertimbangan, seperti dibuat dengan memasak bubur beras putih dan bubur ketan hitam.

Coba iseng perhatikan nama masing-masing, resapi makna dan ketahuilah artinya. Ada yang berdasarkan nama bulan kelahiran seperti : Agus, karena lahir bulan agustus, septi, okti, novi hingga desi. Bisa juga kombinasi nama hari dan tanggal seperti ‘saptuji‘ artinya lahir hari sabtu tanggal hiji(satu-bhs sunda). Ada juga yang diberi nama sesuai situasi, contoh ‘Aldino‘ sebuah nama agak internasional ternyata sebuah singkatan dari ‘Alhamdulillah dia nongol’, karena memang pas proses kelahirannya agak sulit… nah gitu lho, banyak sekali arti nama lainnya yang berdasarkan berbagai pertimbangan pada saat dilahirkan.

Trus yang dirasakan oleh penulis, nama itu adalah doa dan juga arah karier ke depan, terlepas itu kebetulan atau cocokologi tetapi menjadi sebuah momen kebetulan yang harus disyukuri.

Namaku ANDRIE dan dengan kenyataan saat ini pas sekali, yaitu diawali dengan sekolah kedinasan, trus lulus mengabdi di kabupaten selama nyaris sembilan tahun lalu pindah ke pemerintah provinsi dan menjadi pegawai negeri atau ASN di daerah provinsi yang merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga Andrie itu singkatan dari Anak Negara Daerah Republik Indonesiaaaa…….

Bener khaan?……”

Udah ah urusan nama pribadi, sekarang moo nulis tentang sebuah nama di benua amerika sana yaitu daerah California.

Lha ngapain ngebahas California?”

California itu nama…. nama tempat”

Photo : Hidroponik at California / dokpri.

Jadi….. California itu adalah negara bagian terbesar di Amerika Serikat dan di negara bagian inilah terletak kota-kota menarik seperti Los Angeles, San Diego dan San fransisco. Negara bagian ini memiliki luas wilayah 423.970 km persegi dengan jumlah penduduk 39,4 juta jiwa (2017, source : biro sensus AS)…. wadduuh ternyata lebih banyak penduduk provinsi jawa barat yaaa?… provinsi jawa barat jumlah penduduknya 48 juta jiwa dengan luas wilayahnya 35ribu km persegi.. 8% dari luas California.

Lha ngapain ngitung-ngitung itu?”

“Ya biarin aja, peduli amat sih”

“Ih galakkkk…..”

***

“Gini pren, Ini aku lagi di California, tepatnya di rooftop hotel California Jalan Wastukencana Bandung..” belum tuntas berbicara, langsung diserobot komentar, “Jiaah gubrak, dasar luu… kirain beneran di Amrik, trus ngapain disitu?”

Tanpa banyak membuang waktu, segera dijelaskan tentang sekelumit kondisi California versi hotel ini. Klo fasilitas hotel sih biasa saja, hotel dengan kelengkapan meeting dan menginap serta coffeshop yang belum sempet icip-icip.

Photo : Dibalik tulisan nama hotel / dokpri.

Tadinya moo liat kolam renangnya, eh ternyata nggak tersedia. Jadi coba cari lagi objek lain yang menarik….

tadaaa….

Ternyata rooftopnya seger banget. Serba menghijau, tanamannya banyak sekali dan ada gazebo yang berisi aneka tanaman hidroponik.

Photo : Hamparan Bandung dilihat dari California / dokpri.

Begitupun pemandangan lepas ke hamparan Kota Bandung, termasuk menikmati keanggunan gunung tangkuban perahu.

Yang pasti mah menjadi bahan buat tafakur, dimana semua keindahan ini adalah rejeki dan nikmat serta berkah kasih sayang Allah Swt. Suasana menghijau di atap kota juga kemampuan indra penglihatan dan seluruh fungsi tubuh untuk merespon ini semua, pada hakikatnya harus menjadi bagian tasyakur bin nikmah dalam menjalani kehidupan ini.

Gitu aja?”

“Iyah….”

Hening sesaat, Wassalam (AKW).

***

Source :
1. Wikipedia/wiki/California
2. Biro sensus AS

Author: andriekw

Write a simple story with simple language, mix between Indonesian and Sundanese language.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s