Main air yuuk…..

Masuk ke area kolam renang mau ngapain guys?

Photo : Kolam renang Siliwangi Bandung / Dokpri.

Disaat melihat birunya air di kolam renang maka dua pilihan besar terpampang, nyebur atau tidak. Klo pilihan yang pertama yang diambil, berarti ada banyak cabangnya. Ada yang nyebur karena memang mau berenang, ada juga yang mau belajar renang…… tetapi mayoritas yang ketiga yaitu nyebur ke kolam renang itu untuk main air… bener khaan?.

Nah klo yang ngambil keputusan nggak nyebur, udah jelas berarti cuman nganter doang trus ditinggalin dan ntar dijemput lagi, atau bisa juga ditungguin dipinggir kolam renang sambil nongkrong cemal cemil dan mainin hape hingga yang ditunggu kelar bermain airnya.

Tapi agak disayangkan klo udah masuk area kolam renang trus nggak nyebur karena pasti udah bayar tiket khaan?… kecuali emang niat awalnya udah cuman nganter dengan segala konsekuensinya, ya udah itu mah terserah. Tapi klo saya yang kadang itungan, harga tiket masuk kolam renang mulai dari 45rebu di kolam renang Cipaku hingga 75rebu di kolam renang Siliwangi (semuanya di Bandung) kerasa sayang bingit klo nggak nyebur.. ya minimal main air.

Photo: kolam renang Hotel Horison Bandung / Dokpri.

Bisa juga menikmati fasilitas kolam renang di Hotel Horison Bandung di daerah lingkar selatan – buah batu atau di tengah kota Bandung ada kolam renang di hotel Preanger.. tapi ini mah syaratnya kudu nginep dulu.

Yang penasaran tentang kolam renang Cipaku silahkan klik aja KOLAM RENANG CIPAKU.

Atau klo yang di Jakarta, kebeneran dapet dinas luar atau liburan sama keluarga di ibukota negara dan pingin renang di hotel sambil menikmati fasilitas bisa menjadi pilihan nginap di hotel sekaligus renang. Bisa di Kolam renang Aryaduta Tugu Tani atau Kolam Renang Merlynn Park Hotel di daerah Petojo, Jakarta Pusat. Penasaran?… klik aja tulisan tadi.

Nah balik ke yang milih buat nyebur, yuk kita bahas atu atu….

Photo : Kolam renang Hotel Preanger Bandung / Dokpri.

Pertama yang niatnya berenang berarti udah bisa berdamai dengan air dan badannya ngambang. Minimal menguasai satu gaya yaitu gaya bebas.

Jangan salah ya guys, gaya bebas itu bukan bebas segala-galanya. Bebas teriak-teriak atau gangguin orang lain, atau nggak pakai celana… bukan bebas begitu. Tetapi gerakan renang yang sudah umum diajarkan dimana tangan kanan dan kiri bergantian mengayuh serta kaki ikut bergerak simultan. Klo nggak gitu soalnya berubah jadi gaya batu… itu tuh gaya diam dan tenggelam heu heu heu….

Gaya lain banyak variasinya tetapi penulis batasin aja untuk gaya yang umum yaitu gaya dada dan gaya kupu-kupu. Ntar dibahas dech.. sekarang mah ngobrolin turun atau enggak ke kolam renang padahal udah bayar (dasar tukang itungaaan…).

Photo : Siliwangi Swimming park / dokpri.

Kedua adalah yang motivasinya belajar berenang. Artinya umur tidak sejalan dengan kemampuan berenang karena kemampuan ini harus dilatih. Anak kecil bisa mahir tapi orang dewasa tidak bisa berenang, itu mah biasa.

Jadi klo yang belum bisa berenang, jangan berkecil hati. Turun dulu ke kolam renang untuk sekedar main air dan mengenal suasana dulu, sambil perhatikan di kolam… dipastikan ada yang sedang berlatih dan otomatis ada pelatih. Dekati dan tanya-tanya klo moo belajar berenang gimana aturan mainnya. Beragam pelatih dan beraneka tatacara pelatihan yang bisa kita pilih, caranya tanya-tanya dan diskusi.. sambil berendamm. Pertanyaan nggak bakal jauh-jauh, seputar biaya, waktu latihan, kelengkapan… baru bicara teknik berlatih. Tapi klo moo nggak banyak budget keluar… bisa juga dengan gaya nekad… loncaat aja ke kolam renang. Klo tenggelam ntar juga banyaak yang bantuin hehehehe… trus diajarin dech cara berenang.

Ketiga…. nach ini yang paling gampang tapi strategis. Karena tinggal main air… iya mainin air. Tapi disarankan tetap berpakaian atau celana renang. Awalannya bisa sambil jongkok pinggir kolam renang trus duduk dipinggir kolam dengan kaki berendam…. klo udah nyaman ya sudah coba berendam… untuk kolam dewasa biasanya dimulai dari 1,3 meter.

Atur nafas… karena yang nggak biasa mah suka kerasa sesek dan agak panik. Padahal di kolam renang itu jangan takut tenggelam karena tenggelam itu suatu keharusan. Wahhh?. Ehh nggak percaya, berenang itu 90 sd 100 % badan dalam posisi tenggelam lho.. nggak percaya?.. cobian geura.

Jadi saran kami mah… ke kolam renang itu tujuannya ‘main air’, sambil main air bisa ngasuh anak baik bayi atau anak-anak, juga ngasuh anak orang heuheuy…. jangan lupa awasi anak kecil apalagi bayi oleh orang dewasa. Karena kolam renang bisa berbahaya.

Lalu main air sambil belajar renang juga bisa, dan akhirnya main airnya sambil menggunakan berbagai gaya baik gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu plus gaya batu dan ada juga gaya lumba-lumba hehehehe.

Nah gitu dech 3 pilihan yang bisa diambil disaat kita beli tiket masuk kolam renang. Selamat nyebur guys, Wassalam. (AKW).

Author: andriekw

Write a simple story with simple language, mix between Indonesian and Sundanese language.

One thought on “Main air yuuk…..”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s