Sunrise di Sukageuri View

Berburu Sunrise di Bukit Sukageuri, berbagi rasa dengan sesama pelancong dan penikmat pemandangan serta udara segar pagi hari di kaki Gunung Ciremai.

Photo : Sunrise di gerbang Bukit Sukageuri/dokpri.

Adzan shubuh belum berkumandang tetapi mata sudah terbuka lebar, bersiap menyambut panggilan sholat sebagai salah satu kewajiban umat islam.

Berjamaah sholat shubuh dilanjutkan dzikir akhirnya usai. Segera berganti kostum dan bersepatu olahraga. Bergerak menembus dinginnya hawa menuju titik lokasi yang mungkin tepat untuk abadikan kehadiran sang mentari di ufuk timur kota Kuningan.

Berburu sunrise di kaki Gunung Ciremai menjadi judul tulisan ini, setelah disaat yang lalu mereport tentang kabut yang enggan beranjak di Tenjolaut. Sekarang saatnya mencoba melihat sisi lain wilayah Palutungan.

Photo : Sunrise diatas Kota Kuningan

Ada korelasi positif antara berburu sunset dengan pola perilaku seseorang. Perilaku positif tersebut atau premis yang ada adalah : pemburu sunrise PASTIrabadiri‘ alias rajin bangun dini hari. Karena klo males bangun pagi, momen menikmati sunrise akan terhapus dengan sendirinya. Perilaku kedua adalah ‘Tidak takut udara dingin dan angin’.

Pic : Gn Ciremai dipagi hari / dokpri

Perjalanan pagi dilanjut bermobil ria karena jarak yang cukup lumayan sekitar 8,1 km dari Kota dengan kontur jalan berkelok menanjak. Tapi dengan bermobil, nikmat pisan menanjaknya. Jalan kaki bisa dicoba tapi perlu waktu 2 jam lebih.

Cuman klo telat nyampe… yaa sunrisenya kelewat. Tepat pukul 05.28 wib, daku udah menclok di dataran tinggi Palutungan dan segera mengabadikan momen sunrise yang begitu mempesona. Sinar kuning keemasan menyeruak gelapnya pagi, sambil tersenyum untuk segera menyinari alam ini. Puas menikmati ciptaan Allah SWT ini, segera beranjak menuju kawasan wisata yang bernama ‘Sukageuri View’.

Pic : Petunjuk gerbang masuk Bukit Sukageuri / dokpri.

Sebuah kawasan wisata yang dikembangkan oleh Pemda Kuningan bersama Desa Cisantana dan Kompepar Palutungan sejak tahun 2012 silam. Petunjuk arah ke bukit Sukageuri relatif eye catching berada di sisi kiri jalan raya, langsung belok kiri aja dan 50 meter kemudian ada loket pembayaran. Tiket Rp. 15.000,- per orang (tertera tulisan di samping gardu tiket), hanya saja karena masih rebun-rebun pagi-pagi…. eh petugas tiket belum ada. Yaa lewati dan free…. (moo bayar bayar kemana?) Padahal klo dihitung pengunjung yang sedang asyik ber-wefi dan selfi dengan latar sunrise sekitar 60 orang.

Pic : menara padang bulan sabit / dokpri.

Beberapa panggung tinjau dari bambu sudah dibangun oleh pengelola sehingga digandrungi pelancong. Meskipun harus extra hati-hati karena tanpa pengaman yang berarti. Ada yang berbentuk bintang, bulan sabit serta mahkota raja. Dipadu dengan sinar mentari pagi atau gagahnya gunung ciremai plus kamera smartphone atau DSLR yang mumpuni dijamin photonya instagramable.

Pic : Sunrise diantara menara bintang / dokpri.

Puas menikmati panggung pandang, kaki bergerak menyusuri area Bukit Sukageuri ini yang cukup luas. Cocok untuk jogging trek dan acara outdor lainnya. Dengan kontur bukit berbatu dan berundak-undak alami, cukup menantang untuk di jajal.

Pic : Tangga turun dari menara pandang / dokpri.

Fasilitas parkir mobil leluasa serta mesjid yang lumayan bisa menampung pengunjung memberi poin tersendiri. Termasuk pembuatan rumah-rumah hobbit yang bisa memuaskan dahaga pengunjung yang ingin selalu eksis dimanapun dengan tongsis dan pastinya narsis habis hingga kadang photonya itu 1/3 selalu wajah si empunya gadget hehehehe.

Pic : Rumah Hobbit di Bukit Sukageuri / dokpri.

Itulah cerita singkat tentang bukit Sukageuri, Palutungan Kecamatan Cigugur Kuningan.

Keluar dari area tersebut kira-kira 1 km ke arah bawah terdapat gapura bertuliskan ‘Taman Cisantana’...

Pic : Pintu gerbang Taman Wisata Cisantana / dokpri.

Penasaran, langsung rush hitam belok kanan dan masuk ke lokasi tersebut. Ada bangunan gerbang tiket yang lagi-lagi masih kosong tiada orang. Tertera tarif masuk Rp 10.000,- per pengunjung. Didalamnya area jogging track, tempat bermain dan kembali fasilitas narsis diatas bukit.

Pic : Bukit batu Taman Cisantana / dokpri.

Yang menarik adalah bukit batu yang berdiri kokoh menyambut pagi diatasnya terdapat trek untuk view serta jalan-jalan bagi pengunjung. Hanya memang tidak sempat memanjat sang bukit batu karena waktu jua yang membatasi.

Pic : taman Cisantana / dokpri.

Fasilitas toilet dan tempat makan tersedia, tetapi daku tak berlama-lama berada disini karena janji kepada istri tercinta bahwa jam 07.00 wib sudah kembali tiba di basecamp. Hatur nuhun. (Akw)

Author: andriekw

Write a simple story with simple language, mix between Indonesian and Sundanese language.

14 thoughts on “Sunrise di Sukageuri View”

Leave a comment